ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

MEDIA CENTER (26/12/2019) - Ditengah gencarnya isu SMK sebagai pencetus pengangguran terbanyak, SMK Negeri 1 Gorontalo tak henti-hentinya berbenah, dari menata manajemen hingga memaksimalkan proses KBM. Di penghujung tahun 2019, SMK yang menyandang Sekolah Rujukan dan Sekolah Revitalisasi ini melaksanakan kegiatan Pelatihan Assesor Kompetensi Angkatan Ke-2 (Workplace Assesor).

IMG-0042.jpg

Pelatihan Assesor Kompetensi dilaksanakan dari tanggal 21 - 25 Desember 2019 bertempat di Aula BDP SMK Negeri 1 Gorontalo dengan dihadiri 24 peserta calon assesor SMK se-Provinsi Gorontalo.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu dibuka oleh Sekretaris Dikbudpora Provinsi Gorontalo Roni Mamu, M.Pd. Dihadapan 24 Calon Assesor saat membuka kegiatan itu Roni menegaskan bahwa seorang assesor bukan hanya memiliki tugas untuk mengarahkan dan membimbing peserta uji dalam proses uji kompetensi, bahkan berfungsi sebagai fasilitator yang mampu mendorong peserta untuk menjalankan proses pembelajaran secara mandiri (self learning).

Implementasi sistim Pelatihan dan Penilaian Berbasis Kompetensi, mensyaratkan tersedianya Asesor Kompetensi (Workplace Assessors) sebagai salah satu komponen utama dalam proses penilaian. Penilai memiliki posisi dan peran yang strategis karena akan sangat menentukan kualitas uji kompetensi yang dilakukan, tutur Roni.

Sementara menurut koordinator LSP P1 SMK Negeri 1 Gorontalo Martha Ishak, kegiatan ini bertujuan menghasilkan Assesor Asesmen Kompetensi yang memiliki kompetensi dibidang Asesmen Kompetensi/Penilaian yang meliputi; Merencanakan dan mengorganisasikan asesmen, Melaksanakan asesmen serta mengembangkan perangkat asesmen. Calon Assesor SMK se-Provinsi Gorontalo yang notabene pengajar produktif itu, selama lima hari dipandu oleh dua Master Assesor Pengajar, Irwan Usman dan Syarifuddin, serta diuji oleh dua Master Assesor Penguji, Saleh dan Ahmad Daud.

Dalam kesempatan yang sama Kepala SMK Negeri 1 Gorontalo saat ditemui awak media menambahkan, untuk menghasilkan tenaga-tenaga asesor yang mampu melaksanakan penilaian atau uji kompetensi terhadap peserta uji dalam ruang lingkup kompetensi teknis sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Bagi Ruslan, keberadaan LSP P1 yang ada di sekolah ini diharapkan mendapatkan recognisi atau pengakuan dari profesi, serta dapat membantu mengurangi pengangguran dengan meningkatkan kompetensi tenaga kerja melalui uji kompetensi ataupun sertifikasi.

Menanggapi visi Merdeka Belajar yang saat ini digaungkan oleh mendikbud, korelasinya dengan pelatihan ini menurut Ruslan, assesor dengan kompetensi dan kewenangan yang dimilikinya dapat merekomendasikan keputusan apakah seseorang sudah kompeten atau belum kompeten terhadap unit standar kompetensi yang dinilai. Assesor tidak hanya dituntut untuk mampu menilai kompetensi seseorang, tetapi harus mampu membimbing dan mengarahkan peserta uji untuk dapat menampilkan seluruh kemampuan terbaik yang dimilikinya meliputi kompetensi literasi, numerik dan karakter dalam memenuhi bukti-bukti yang dipersyaratkan, sebagaimana tertera dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 pasal 61 ayat 3, mengamanahkan bahwa “Sertifikat Kompetensi diberikan oleh penyelenggara pendidikan dan lembaga pelatihan kepada peserta didik dan warga masyarakat sebagai pengakuan terhadap kompetensi untuk melakukan pekerjaan tertentu setelah lulus uji kompetensi yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi atau lembaga sertifikasi.” Maka dengan demikian, perlu dipersiapkan suatu mekanisme bagaimana mempersiapkan assesor yang ‘qualified’ dan ‘certified’, mulai dari penyeleksian, pelatihan serta uji kompetensi kepada calon assesor, pungkasnya.


Leave your comments

Post comment as a guest

0
  • No comments found

Pengunjung

We have 91 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id