ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

MEDIA CENTER (01/02/2020) - Dalam rangka mewujudkan lulusan handal yang siap bersaing di era millenium ini, Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 1 Gorontalo menggelar Seminar Parenting Family in Digital Era 4.0 dengan topik "Tips Mendidik Anak di Era Digital".

IMG-0460.jpg

Kegiatan yang digagas oleh siswa kelas X (sepuluh) dan kelas XI (sebelas) UPW ini berlangsung di Aula Bisnis Daring dan Pemasaran dengan dihadiri oleh guru, orang tua dan para siswa, serta dibuka langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Gorontalo Drs. Ruslan S. Payu, M.Pd.

Dalam sambutannya Ruslan menekankan, kegiatan semacam ini harus mampu memberi dampak positif bagi peserta didik, terutama yang duduk dibangku kelas xi, yang saat ini sedang mempersiapkan diri menuju lokasi pratik kerja industri. Pengalaman yang didapat dari bangku sekolah dapat sinergi dengan yang ditemui di dunia usaha/dunia industri, akan semakin mamantapkan kesiapan anak didik kita terjun ke dunia kerja, bahkan menepis keraguan sebagian masyarakat tentang lulusan SMK ke depan. Kegiatan ini sudah pasti sangat kami dukung, tandasnya.

Sementara menurut Nolva Podungge, S.Pd selaku Kepala Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata, seminar parenting ini sengaja dilaksanakan sekarang, karena merupakan bagian dari pembekalan siswa peserta prakerin serta memastikan kemapanan mereka terhadap ketercapaian kompetensi dasar MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) khususnya Ivent Organizer yang nanti akan mereka temui di du/di.

Lanjut Nolva, kegiatan yang mengusung topik "Tips Mendidik Anak Di Era Digital", diharapkan mampu menambah wawasan orang tua dan guru terhadap pembentukan karakter anak, mengingat rumitnya tantangan dihadapi saat ini. Selaku nahkoda di jurusan UPW, saya merasa bangga atas upaya panitia penyelenggara dalam hal ini siswa kelas X dan XI, beserta pembimbingnya yang telah menghadirkan narasumber yang sangat mumpuni dibidang psikologi baik secara akademik maupun aspek religi, pungkasnya.

Menambah ungkapan Kaprodi UPW, Muhammad Andra Alhabsy selaku ketua panitia pelaksana kepada awak media mengatakan, hal yang sangat memotivasi terselenggaranya kegiatan ini adalah pentingnya kerja sama tim serta pentingnya peran guru pembimbing yang senantiasa gigih menghadapi berbagai macam karakter anak didiknya, hanya dengan tujuan menginginkan kami menjadi generasi cerdas, mandiri dan siap kerja. Melalui kesempatan ini saya atas nama teman-teman mengucapkan terimakasih kepada bapak/ibu guru, tuturnya.

IMG-0506.jpg

Seminar yang dilaksanakan sehari itu mendapat respon positif dari orangtua siswa, sehingga beberapa dari yang hadir sempat mengutarakan keinginannya agar kegiatan semacam ini pelaksanaannya tidak hanya sekali dua saja.

Saat ditanya awak media tentang dampak perkembangan teknologi khususnya daring yang berimbas pada perkembangan karakter sehingga efek konsiderasi pola belajar anak saat ini kadang mengarah pada titik mengkhawatirkan narasumber Ibu Dr. Sukma N. Botutihe, M.Psi.Psikolog menanggapinya enteng, pada peran orang tua adalah garda terdepan sebagai pembentuk awal karaketer anak, jangan serahkan sepenuhnya pendidikan karakter itu kepada guru, perlu sinergisitas antara orang tua dan guru, sekali lagi antara orang tua dan guru, sebab yang lebih paham psikis anak adalah orang tua, tegas jebolan strata tiga Universitas Indonesia itu.

Senada dengan apa yang disampaikan Dr. Sukma, Hj. Dani Saroso, M.Pd menambahkan, peran penting orang tua dalam mendidik anak sudah ada dalam kitab suci Al-Qur'an, tengoklah dalam surah Al-Imran atau bagaimana Luqman mendidik anaknya, iya memulainya dengan Laa Tusyrik Billaah (jangan sekutukan Allah), tuturnya.

Jika keyakinan akan Zat Ketuhanan lebih melekat dalam sanubari anak kita, sudah pasti gawai dan perkembangan teknologi secanggih apapun takkan merusak mereka. Sebagai orang tua kita tidak perlu mengekang dan membatasi, kita hanya dianjurkan mengawasi. Bahkan agama menganjurkan, kita harus didik sesuai zaman mereka nanti, tegasnya.

Kepuasan siswa nampak hingga berakhirnya kegiatan. Bagaimana tidak, kompetensi yang seharusnya mereka temui di kelas XII, mampu mereka implementasikan sejak dini. Mengingat bisnis di bidang MICE memiliki multiplier effect yang sangat besar. Sangat banyak lapangan pekerjaan yang tercipta dari event MICE ini. Bahkan di Gorontalo ini masih terbilang langka. Melalui kegiatan ini banyak pihak-pihak yang diuntungkan juga dari adanya event MICE antara lain; Event Organizer, Multimedia, Hotel, Percetakan, dll.


Penulis : Muhajirin AHM, S.IKom


Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Pengunjung

We have 166 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id